akuu

akuu
mayaaa.

Jumat, 07 Januari 2011

PERBEDAAN SQL PLUS DENGAN PLSQL

PERBEDAAN SQL PLUS DENGAN PLSQL

SQL adalah bahasa deklaratif untuk database yg sudah distandarkan secara internasional (ANSI dan ISO), jadi seharusnya semua database yg menggunakan SQL standar akan memiliki statement/syntax yg sama, baik di Oracle, MySQL atau database lainnya. Tetapi beberapa database memang memiliki statement/syntax proprietary yg hanya dikenali di database itu sendiri dan ini tentu saja bukan standar SQL.

PL/SQL adalah ekstensi dari SQL dengan menambahkan fungsi bahasa prosedural. Berbeda dengan SQL yg hanya mementingkan bagaimana mendapatkan hasil, dengan PL/SQL juga akan diketahui bagaimana proses untuk mendapatkan hasil tsb. Karena PL/SQL merupakan bahasa prosedural, maka statement/syntax yg digunakan sangat tergantung dari jenis bahasa yg diadopsi (Katanya sih PL/SQL diadopsi dari bahas ADA, tetapi dari strukturnya lebih mirip Pascal).
MySQL sendiri menggunakan standar ANSI untuk bahasa proseduralnya (SQL/PSM), dan kabarnya mengadopsi berbagai bahasa seperti Perl, Phyton, dan C. Apalagi sekarang MySQL sudah diakuisisi oleh SUN, mungkin bahasa Java juga sudah dimasukkan ke situ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar