akuu

akuu
mayaaa.

Jumat, 07 Januari 2011

ORACLE

ORACLE

kemampuan enkripsi yang sedikit berbeda. Lagipula itu
tidak berarti semua produk yang dijual di amerika mengikutkan modul strong
encryption, bisa saja walupun beli di amerika tetap dapat yang export
version ^_^. disamping itu kan sebagian besar enkripsi digunakan untuk
menyimpan password dari user, bukan mengenkripsi isi database.

masih banyak cara untuk melindungi database anda sebelum seseorang bisa
mendapatkan akses, misalnya saja dengan memakai SSL untuk enkripsi
komunikasi server dan klien.

kalau anda ingin mengenkripsi seluruh isi database anda, mungkin bisa
dipertimbangkan untuk memakai trusted Oracle, yang jalan diatas trusted OS
seperti trusted Solaris, tapi apa iya butuhnya sampai sejauh itu ^_^ lagian
nggak gampang mendapat lisensinya.

Tentunya sebelum masuk ke cara pembuatannya maka ada baiknya kita memahami arti dari view. Arti yang mudah dari sebuah view adalah query yang di simpan oleh oracle dengan nama tertentu dengan syntax select. Syntax select telah telah kita pelajari pada Select (Oracle).
Key dalam Bahasa Indonesia berarti kunci, maka semakna dengan itu fungsi dari key-key yang berada pada sebuah database. Artinya setiap pintu pasti mempunyai kunci khusus untuk membukanya, begitu pula tabel dalam database. Key-key inilah yang membantu dalam pengolahan data pada sebuah tabel (insert, update, delete).

Terus terang saja memang diantara keseluruhan tipe data yang paling ribet adalah “DATE” pada setiap bahasa pemrograman. Saya sudah membuktikan beberapa diantaranya, yaitu PHP, Javascript, ASP, MySQL, dan Oracle sendiri. Semua bahasa tersebut mempunyai cara masing-masing dalam mengelola tipe data yang cukup unik ini.

Salah satu syntax yang paling penting dalam SQL adalah select. Select berfungsi untuk menampilkan data-data pada tabel-tabel yang terdapat dalam database. Di sinilah terdapat banyak perbedaan antara SQL biasa dan SQL Oracle. Oracle banyak sekali meringkas syntax-syntax menjadi lebih sederhana walaupun sebenarnya oracle juga tetap memerima SQL strandar.

Operasi standar sebuah database adalah insert, delete dan update. Ketiganya biasa disebut DML kependekan dari Data Manipulation Language. SQL merupakan bahasa standar untuk pengolahan database. Tentunya Oracle-pun menggunakan SQL, hanya saja ada beberapa karakteristik yang berbeda dengan SQL standar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar